Sabtu, 24 April 2010

Teknologi 4G

Apa itu teknologi bergerak (mobile) 4G (generasi keempat/fourth generation)?

4G, sebuah singkatan dari Sistem Komunikasi Generasi Keempat (Fourth-Generation Communications System), adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tahap selanjutnya pada era komunikasi nirkabel. Sistem 4G akan mampu menyediakan solusi IP yang luas di mana suara, data dan multimedia dapat diberikan ke pemakai dengan dasar “Kapanpun, Dimanapun”, dan kecepatan data yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya. Tidak ada definisi resmi tentang apa itu 4G, akan tetapi ada tujuan pasti yang diproyeksikan untuk 4G. Tujuan tersebut meliputi, bahwa 4G akan menjadi sebuah sistem integrasi dasar IP secara penuh. 4G akan menjadi pencapaian sukses setelah pertemuan teknologi kabel dan nirkabel, dan akan mampu menyediakan kecepatan 100 Mbit/s dan 1 Gbit/s baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan semua jenis layanan dengan harga yang terjangkau.


4G nantinya akan menjadi berkembang dengan menyediakan kualitas layanan dan persyaratan kecepatan untuk aplikasi mendatang seperti akses broadband nirkabel, Multimedia Messaging Service (MMS), video chat, mobile TV, konten High Definition TV, DVB, layanan minimal seperti suara dan data, dan layanan streaming lainnya dengan “Kapanpun-Dimanapun”. Pada prinsipnya, 4G akan menyediakan transmisi video dengan kualitas tinggi dan halus. 4G akan memungkinkan kita untuk mendownload lagu yang panjang atau musik secara real time.

Bisnis 4G mobile akan diprediksi sangat besar. Teknologi 4G mobile akan mendominasi komunikasi nirkabel, dan sistem konvergensinya akan menggantikan berbagai infrastruktur nirkabel konvensional.
Berapa kecepatan data yang didapat dengan 4G?

Saat ini kecepatan download untuk koneksi mobile Internet antara 9.6 kbit/s untuk selular 2G, mencapai 200 kbit/s (secara nominal 384 kbps) untuk layanan 3G. Akan tetapi, kenyataannya saat pemakaian kecepatan datanya biasanya lebih lambat, terutama pada area yang penuh sesak, atau ketika jaringan padat.

Kecepatan transmisi data 4G mobile direncanakan mencapai 20 megabits per detik yang kira-kira 10-20 kali lebih cepat daripada layanan ASDL standar.

Dalam hal koneksi, 4G kira-kira akan 200 kali lebih cepat daripada kecepatan data 2G mobile, dan 10 kali lebih cepat daripada 3G broadband mobile saat ini. Catatan : Kecepatan data 3G sekarang ini 2 Mbit/sec, yang mana sangat cepat dibanding dengan 9.6 Kbit/sec milik 2G.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Galeri Seluler . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates